Parade Ogoh-ogoh di Blitar Bisa Jadi Destinasi Wisata Tiap Tahun

BLITAR, JA-Pos News –Bupati Blitar Drs. H. Rijianto, MM jumat (16/3/2018) memberangkatkan peserta upacara Tawur Agung Kesanga atau yang popoler disebut dengan parade ogoh-ogoh.

Upacara Tawur Agung Kesanga adalah salah satu runtutan acara untuk menyambut hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari sabtu (17/3/2018) besok.

Sebanyak 64 ogoh-ogoh dari 13 kecamatan di Kabupaten Blitar ikut memeriahkan upacara Tawur Agung yang di pusatkan di Ruang Terbuka Hijau atau Taman Idaman Wlingi beralamat di Jl. Urip Sumoharjo Wlingi.

Bupati Rijianto mengatakan, hampir setiap perayaan hari Raya Nyepi umat Hindu di Blitar selalu menggelar upacara Tawur Melasti di Pantai Jolosutro dan upacara Tawur Agung Kesang di Taman Idaman Wlingi.

“Setiap tahunya rangkaian upacara Nyepi selalu mengalami peningkatan, terbukti dalam upacara Tawur Agung Kesanga tahun lalu ada 54 ogoh-ogoh, dan untuk tahun ini jumlah ogoh-ogoh meningkat sebanyak,” katanya. Jumat (16/3/2018).

Bupati Rijianto menambahkan antusias masyarakat Blitar Raya dalam memeriahkan parade ogoh-ogoh ini biasa menjadi icon wisata baru di Kabupaten Blitar.

“Parade ogoh-ogoh ini bisa menjadi icon festival seni budaya di Kabupaten Blitar, dan bisa menjadi ajang wisata tahunan,” imbuhnya

Bupati berharap, kegiatan seperti ini harus di pertahankan. Karena, kegiatan ini bentuk dari kerukunan, bentuk kebersaman, bentuk ke bhinekaan dan bentuk ke beragaman yang ada di Kabupaten Blitar.

“Harapan kami sebagai kepala daerah kegiatan seperti ini harus kita pertahankan, harus kita lestarikan. Karena bagaimanapun untuk membangun daerah maupun membangun negara, kita butuh kekompakan antar umat beragama,” pungkas Bupati Blitar. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *