Pawai Baju Adat, Anak-Anak Playgroup dan TK Kecamatan Pakal Meriahkan Hari Kartini

Surabaya, JA-Pos News – Anak-anak dari 35 lembaga dengan 100 peserta anak-anak mengadakan pawai baju daerah dalam rangka memperingati Hari Kartini, Sabtu (28/4/2018) tadi pagi. Mereka memulai start dari lapangan Porss Sumberejo, hingga mengambil finish di Kelurahan Sumberjo Kecamatan Pakal.

Acara pawai tersebut dihadiri Camat, Kapolsek Pakal yang didampingi Kanit Bimaspol Ipda Tuklo.

Kedatangan Kapolsek Pakal bersama rombongan di acara itu disambut oleh Ketua panitia Pakal serta panitia lainnya.

“Kita bangga dengan putra-putri TK maupun PAUD maupun pendidik dan pembimbing ini yang senantiasa menumbuh kembangkan nilai-nilai budaya nusantara ini dan juga selalu memperingati hari pahlawan yakni R.A Kartini.” Tutur Kompol Subagyo.

Masih kata Kompol Subagyo, Anak-anak TK maupun PAUD ini merupakan generasi penerus bangsa untuk itu perlu kita jaga dan lindungi, rawat dengan baik sebab ia merupakan aset bangsa.

Anis Sholikati Ketua Pusat kegiatan Didik (PKD) Ceria Kecamatan Pakal mengatakan, kegiatan pawai baju daerah seperti ini sudah menjadi agenda rutin yang digelar saat peringatan hari Kartini.

Sebenarnya esensi dalam memperingati hari Kartini ini bukan sekedar pawai pakaian adat daerah saja. Selain ingin menyampaikan pesan begitu kayanya budaya Indonesia melalui pawai baju daerah, jauh lebih penting adalah mengenalkan sosok dan semangat Kartini ini kepada anak didiknya.

“Mengenalkan dan mencintai sosok pahlawan itu harus dilakukan sejak dini, bahkan sejak mereka menempuh pendidikan playgroup, paud atau TK,” jelas Anis Sholikati.

Kegiatan pawai baju adat daerah ini juga mendapat respon positif dari salah satu orang tua wali murid. Meskipun harus bangun pagi mendandani buah hatinya, namun ia mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak sekolah.

“kalau saya melihatnya, disamping mengenalkan budaya daerah, ini juga melatih mental anak, saya kira itu yang utama,” ujarnya. (Eko Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *