Enggan Kecolongan Lagi, Menkumham Obok-obok Lapas Kelas I Surabaya di Porong

Sidoarjo, JA-Pos News –Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya di Porong, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (22/7/2018) malam.

Kedatangan Yasonna ini berkaitan dengan temuan kamar mewah dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK di Lapas Sukamiskin, Bandung.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan, sidak hari ini dilakukan secara serentak di beberapa lapas besar yang ada di Indonesia. Mulai di Medan, Riau, Jambi, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Surabaya. “Kami ingin memastikan tidak ada hal serupa seperti di Lapas Sukamiskin,” tegas Yasonna.

Yasonna menambahkan, temuan yang terjadi di Lapas Sukamiskin, merupakan tamparan keras bagi penegak hukum, khususnya di bawah naungan Kemenkum HAM. Dan jangan sampai hal itu terjadi lagi.

“Ini tamparan keras bagi jajaran. Saya sudah perintahkan kepada semua petugas untuk melakukan pemeriksaan sesuai SOP yang ada,” papar dia.

Langkah ini sekaligus tindakan bersih-bersih yang dilakukan Kementerian Hukum dan HAM. Hal itu untuk menghindari penyalahgunaan warga binaan maupun dari pihak lapas itu sendiri.

Dia sengaja mengajak teman-teman media massa biar semuanya tahu. Ini langkah bersih-bersih yang dilakukan agar kejadian yang di Sukamiskin tidak terjadi di lapas lainnya. “Kejadian di Lapas Sukamiskin sebagai bagian dari koreksi kita bersama,” jelasnya.

Pemilihan Lapas Porong untuk didatangi langsung, masih kata Yasonna, lantaran pernah terjadi kasus peredaran narkoba yang dikendalikan dalam Lapas Porong.

“Dulu narkoba, sekarang malah jual beli kamar. Makanya ini harus dibersihkan. Perbuatan seperti ini sangat mencoreng lembaga. Dan saya harap ini rutin dilakukan (sidak),” pungkas Yasonna.

sumber : beritajatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *