Kirab Ancak Gunungan Tumpeng di Gading Watu Sangat Meriah

18 views

Gresik, JA-Pos News – Tradisi sedekah bumi yang dikemas bersamaan dengan HUT kemerdekaan RI yang ke 73, di Desa Gading Watu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Minggu (26/8/2018) tampak meriah.

“Sebagai ajang kreativitas untuk menampilkan busana unik dihadapan masyarakat Sekitar.” Kreativitas masyarakat Desa Gading Watu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik itu ditunjukan lewat desain gaun unik dipertontonkan saat kirab sedekah bumi dan peringatan HUT RI ke 73.

Banyak diantaranya terdapat gaun yang menyerupai sayap burung, gaun burung merak dan ada juga gunungan tumpeng yang berisikan hasil bumi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, padi, ubi dan hasil bumi lainya.

Ratusan warga Desa Gading watu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik yang terdiri-dari 7 dusun berarak-arakan dengan membawa gunungan tumpeng mengelilingi Desa Gading watu. Selesai arak-arakan, gunungan tumpeng yang dibawah dari 7 dusun dikumpulkan dilapangan Desa Gading Watu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, kemudian di doakan yang dimpimpin oleh salah satu Anggota Dewan (Mujid Ridwan).

Panjatan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam doa berharap, agar seluruh masyarakat Desa Gading Watu selalu diberi berkah dan keselamatan.

Usai berdoa ratusan warga memperebutkan seluruh gunungan tumpeng yang terbuat dari berbagai hasil pertania.

Menurut Hartono selaku ketua panitia Desa Gading Watu kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, acara sedekah bumi merupakan tradisi pada setiap tahun, warga menggelar acara ini sebagai wujud syukur dan memohon berkah dari Tuhan Yang Maha Esa dan untuk mengenang jasa para Pahlawan dan para leluhur.

Acara yang sangat meriah ini juga dihadiri oleh para undangan yang terdiri dari Muspika, Anggota Dewan dan juga ratusan warga Desa Gading Watu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

Tambah Hartono selaku ketua panitia agar warga lebih antusias dan lebih meriah lagi untuk tahun-tahun berikutnya. (Hadi/Defi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *