Kebakaran Samping SDN Kranggan 1, Mengakibatkan 2 Anak Sesak Nafas

Mojokerto, JA-Pos News – Kebakaran lahan di samping SDN Kranggan 1, Kota Mojokerto membuat ratusan siswa panik. Asap pekat mengganggu proses belajar dan mengajar. Bahkan 2 siswa sesak nafas karena terpapar asap kebakaran.

Kebakaran lahan yang terjadi sejak pukul 10.00 WIB ini sempat membuat ratusan siswa panik. Itu setelah Kepala SDN Kranggan 1 Endang Soenarijati mengumumkan kebakaran melalui pengeras suara di sekolah.

“Saya minta anak-anak keluar kelas untuk kumpul di area yang aman,” kata Endang kepada wartawan di lokasi, Senin (10/9/2018).

Sontak para siswa berlarian keluar kelas dengan membawa tasnya. Asap tebal dari kebakaran lahan masuk ke lingkungan sekolah. Pihak sekolah pun memanggil pemadam kebakaran.

“Api sudah sangat dekat dengan sekolah, asapnya sangat pedih di mata dan membuat sesak nafas,” ujarnya.

Para guru pun berusaha menenangkan para siswa SDN Kranggan 1. Api semakin membesar menghanguskan semak-semak di sisi selatan sekolah.

Kebakaran ini tepatnya di Lingkungan Pekayon, Kelurahan/Kecamatan Kranggan. Luasan area yang terbakar sekitar 0,5 hektar berupa semak dan ilalang.

Meski tak sampai merembet ke bangunan sekolah, kata Endang, asap dari kebakaran ini mengakibatkan 2 siswa mengalami sesak nafas. Pihaknya memberikan petolongan pertama pada siswa yang sesak nafas.

Selain itu, Endang memutuskan untuk memulangkan siswa lebih awal. Dia khawatir paparan asap akan membuat siswa lainnya mengalami sesak nafas.

“Kami pulangkan lebih awal dan kami minta para orang tua untuk menjemput anak-anak,” terangnya.

Sebanyak 6 mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Sekitar satu jam berjibaku dengan api, kabakaran akhirnya bisa dipadamkan.

Kapolsek Prajurit Kulon Kompol Hadi Suryo menjelaskan, kebakaran lahan ini akibat adanya warga yang membakar sampah. Pihaknya mengamankan Umar Soleh, warga setempat yang diduga membakar sampah di lokasi kebakaran.

Pasalnya, api dari pembakaran sampah itu menjalar ke semak ilalang di lahan kosong sisi selatan SDN Kranggan 1. Cuaca yang panas dan angin kencang membuat kebakaran besar tak terhindarkan.

“Warga ini kami amankan dan kami mintai keterangan,” tandasnya.

 

sumber : detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *