Modus Baru Pembobolan ATM di Sidoarjo

Sidoarjo, JA-Pos News – Masyarakat harus waspada atas kejahatan pembobolan uang di ATM bermodus menawarkan bantuan. Modus ini mulai marak di Sidoarjo.

Prio mengalami hal demikian. Ia melapor ke polisi karena kehilangan uang Rp 24 juta di rekeningnya. Uang tersebut terkuras setelah korban melakukan transaksi di salah satu ATM di kawasan Puri Surya Jaya.

Kasus ini juga sudah dilaporkan Prio ke Polresta Sidoarjo pada Senin (22/10/2018). “Kami sudah menerima laporan dan melakukan penyelidikan,” kata Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol M Harris, Jumat (26/10/2018).

Dia menceritakan, kejadian berawal saat korban hendak mengambil uang di ATM Puri Surya Jaya. Namun saat memasukkan kartu ATM, mesin tiba-tiba macet. Setelah itu muncul dua orang di belakang korban yang langsung menawarkan bantuan.

Dua orang itu sempat membantu korban mengutak-atik kartu di mesin ATM. Tapi juga tidak berhasil. Mengetahui usahanya tidak berhasil, korban langsung meninggalkan lokasi.

“Namun keesokan harinya, korban terkejut karena saldo tabungannya berkurang atau habis ada transaksi pengambilan uang tunai senilai Rp 24 juta,” jelas Harris.

Harris menghimbau kepada masyarakat, supaya tidak menjadi sasaran penipuan dan pencurian di ATM. Yakni, hindari ATM yang jumlahnya cuma satu unit mesin. Pilih ATM yang ramai atau mesinnya lebih dari satu dan ada penjaga keamanan di ATM tersebut.

“Cabut kartu ATM jika bermasalah, dan langsung keluar dari area. Segera hubungi pihak bank. Semoga dengan kejadian ini, akan dijadikan pelajaran bagi masyarakat semuanya dan tidak terjadi lagi di Sidoarjo,” pungkasnya.

 

sumber : beritajatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *