Embat Puluhan Ponsel, Supervisor Gadungan Ditangkap Polisi

Surabaya, JA-Pos News – Mengaku sebagai supervisor salah satu bank, Rizki (25) warga Tanjung Pinang, Perak, Surabaya berhasil mengelabui 29 para pencari kerja.

Dengan menggunakan media sosial, Rizki mengaku sedang membutuhkan Sales Promotion Girl (SPG) di salah satu pusat perbelanjaan di Sidoarjo. Pelaku berhasil memperdayai korban dan membawa kabur puluhan handphone.

“Dalam aksinya pelaku menggunakan media sosial dan memasang lowongan pekerjaan dengan iming-iming gaji tinggi. Setelah korban tertarik, pelaku melanjutkan konfirmasi melalui pesan Whastapp untuk janjian bertemu,” kata Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti, Selasa (22/1/2019).

Setelah berkomunikasi, pelaku mengajak korban untuk bertemu di sebuah pusat perbelanjaan. Dalam aksinya, pelaku meminta korban membawa handphone dan uang tunai Rp 30 ribu untuk administrasi.

Setelah bertemu, lanjut Bima, pelaku meminta korban untuk menyerahkan uang administrasi. Selain itu, pelaku juga meminta handphone korban dengan alasan untuk menginstal aplikasi pekerjaan. Namun, hal tersebut adalah upaya pelaku untuk menipu korban.

“Setelah korban menyerahkan handphone, pelaku berpamitan kepada korban untuk ke toilet. Namun, pelaku meninggalkan korban di lokasi dan membawa kabur handphone korban,” tambah Bima.

Dalam pengakuannya, Rizki menjalankan aksi penipuan sejak Desember 2018 lalu. Selain itu, dia melakukan penipuan itu karena pernah jadi korban kasus serupa.

“Ispirasi ini setelah menjadi korban kasus yang sama. Karena sejak lulus sekolah masih belum mendapatkan pekerjaan ya hasil uangnya itu saya buat kebutuhan sehari-hari,” kata Rizki.

 

 

 

 

 

sumber : jatimnow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *