Pembelajaran Manasik Haji Usia Dini, Ribuan Siswa-siswi Padati Masjid Al-Akbar Surabaya

Surabaya, JA-Pos News – Berbagai cara dilakukan sekolah untuk mengenalkan secara lebih dekat rukun-rukun Islam pada anak. Seperti yang dilakukan ribuan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Surabaya. Hari ini (13/2/2019) sekitar 1.000 siswa dari beberapa sekolah di wilayah tersebut belajar manasik haji di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Laila selaku Kepala sekolah dari TK Aisyiyah 56 berharap, semoga kelak di kemudian hari ribuan siswa-siswi yang mengikuti manasik haji pada hari ini dapat menunaikan ibadah itu secara nyata. “Belajarlah yang rajin dan tekun, agar kelak menjadi insan yang sukses tentunya diiringi pula dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebab untuk menunaikan rukun Islam ke lima ini disyaratkan bagi yang mampu. Bukan hanya mampu secara jasmani, rohani semata namun mampu secara materi.”

Selain itu beliau juga memaparkan, bahwasannya pelaksanaan manasik haji yang diselenggarakan dengan ribuan siswa PAUD dan TK sekaligus memperkuat karakter religius anak.

“Pembelajaran mengenai ibadah ini memang akan lebih mudah ditangkap oleh anak tidak hanya disampaikan dalam materi lisan, tetapi juga dibarengi dengan praktek. Sehingga karakter religius anak akan semakin kuat karena mereka memiliki pengalaman menjalankan ibadah meski masih berupa simulasi,” terangnya.

Kegiatan manasik haji bersama oleh puluhan sekolah itu digelar untuk menyiasati masalah minimnya lahan, sarana prasarana dan faktor lainnya. Sebab sebagian sekolah yang tidak memungkinkan menyelenggarakan pelatihan manasik haji secara mandiri.

Menurut dari pantauan jurnalis media ini, dalam kegiatan manasik haji itu, panitia menciptakan nuansa layaknya di Tanah Suci. Termasuk membangun pos-pos ibadah, seperti pos Wukuf, pos Mina, pos Muzdalifah, pos Jumrah Ulla, pos Jumrah Wustho, pos Jumrah Aqabah dan pos Masjidil Haram.

Setiap pos, ribuan siswa siswi PAUD/TK dipandu untuk melakukan rangkaian prosesi yang dilakukan saat menunaikan Ibadah Haji di Tanah Suci.(desi)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *