Serunya sedekah bumi didusun Kletak

Gresik Ja-pos news – Sedekah bumi digelar warga dusun Kletak Desa Putat Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Minggu (29/9/2019).

Ritual sedekah bumi diawali arak-arakan 10 tumpeng raksasa oleh warga setempat, sepuluh tumpeng raksasa diarak keliling kampung.

Setelah diarak keliling kampung, tumpeng-tumpeng raksasa tersebut diletakan didepan balai Rw 04, yang terbagi tiga RT, yaitu RT 08, RT 09 dan RT 10 yang mendatangkan anak-anak hingga orang dewasa dari Dusun setempat yang bersiap merebut setiap isi tumpeng.

Sembari menunggu aba-aba, warga yang ada disekitar masing-masing tumpeng saling berdesakan karena berusaha sama-sama mendekatinya.

Dari tengah-tengah kerumunan warga, pembawa acara terus-menerus mengingatkan agar warga bersabar dan tidak mengambil isi tumpeng hingga selesainya prosesi dan doa.

Sementara acara ini dihadiri oleh kepala Desa berserta stafnya, ketua BPD, ketua Rw, ketua RT, tokoh agama dan juga tokoh masyarakat.

Sebelum acara rebutan isi tumpeng Susilo selaku ketua panitia menyampaikan bahwa sedekah bumi ini dilaksanakan oleh warga Dusun Kletak setiap tahunnya, untuk mensyukuri hasil bumi atau panen raya di Dusun Kletak Desa putat, seperti padi, jagung, sayur-mayur, buah-buahan, ubi-ubian dan lain sebagainya, supaya ditahun-tahun depannya atau ditahun-tahun mendatang hasil panen semakin melimpah ruah.

Bila kita selalu bersyukur kepada ALLAH SWT atas rizkinya,insyaAllah kita akan lebih diberi rizki yang lebih melimpah lagi, pungkas Susilo.

Ahmad Zainuri selaku kepala Desa Putat Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, juga mengatakan bahwa sedekah bumi yang dilakukan Dusun Kletak bukan hanya sekedar meramaikan Dusun kletak atau syukuran saja, akan tetapi juga dapat menjalin silatuhrahmi antar warga sehingga dapat mewujudkan kerukunan warga dan menjadikan warga tentram, aman, rukun, damai dan sejahtera.

Dan Madun sebagai perangkat Desa yang menjadi pembawa acara sedekah bumi ini, memberikan doorprize untuk warga dusun Kletak untuk penilaian tumpeng terbagus yaitu juara 1 adalah dari RT 08, juara 2 dari RT 09, sedangkan juara 3 adalah dari RT 10, dengan adanya doorprize yang diberikan tersebut telah terlihat jelas raut wajah warga Dusun Kletak yang mendapatkan hadiah sangat bahagia dan senang dan menjadikan mereka lebih semangat lagi.

Dari tengah-tengah kerumunan warga sesepuh Dusun Kletak memimpin Doa sebagai bagian dari ritual acara, setelah itu dia memberikan aba-aba dimulainya acara rebutan isi tumpeng.

Kita awali dengan bacaan Bismillahirrahmanirrahim, pada hitungan acara murak tumpeng kita mulai satu, dua, tiga, ujarnya.

Mendengar aba-aba dari pembawa acara, teriakan histeris dari warga yang mengelilingi tumpeng raksasa tidak terbendung lagi. Mereka saling adu cepat meraih barang-barang yang ada ditumpeng raksasa.

Saya mendapatkan banyak sayuran, ada kacang, terong dapat semangka juga, kata Wati salah satu warga saat prosesi purakan tumpeng sudah selesai. Sambil mententeng sayur-mayur yang didapatkan olehnya, Wati berharap tradisi sedekah bumi dikampungnya bisa terus dilanggengkan untuk turun-temurun nantinya.

Tambah Madun selaku pembawa acara mengajak kepada seluruh warga Dusun Kletak untuk menyaksikan acara puncak seni nanti malam, yang sudah didatangkan hiburan seni wayang kulit yang dimainkan Dalang Suparno dari Kota Sidoarjo. Tutupnya. (Nurhadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *