Polrestabes Surabaya Gelar Sikat Semeru Membekuk 152 Penjahat.

Surabaya Ja-Pos – News, Operasi Sikat Semeru 2019 yang dilakukan Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran selama dua pekan, pertanggal 16 hingga 27 September telah rampung digelar. Sebanyak 409 kasus kejahatan berhasil diungkap, dengan meringkus 152 pelaku tindak kejahatan 3C (curat, curas, curanmor).

“Yang mendominasi adalah kasus kejahatan jalanan,” sebut Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho kepada Awak Media di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (9/10/2019).

Kapolrestabes menjelaskan, kasus pencurian dengan kekerasan 3C (curas) yang diungkap ada 96 kasus dengan 27 tersangka. Sementara kasus pencurian dengan pemberatan (curat) terdapat 197 kasus dengan 61 tersangka.

Selain itu, pihaknya mengungkap 89 kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan telah menetapkan 31 tersangka.

Kemudian, 8 kasus penyalahgunaan senjata tajam, senjata api atau bahan peledak dengan menetapkan 8 tersangka, serta 4 kasus pemerasan dan perampasan(curas) menetapkan 9 tersangka.   

“Modusnya untuk kejahatan curat adalah dengan cara merusak, mencongkel, memanjat. Sedangkan modus kejahatan (curas) yakni mengancam, merampas dengan paksa hingga melukai korban, untuk curanmor modusnya dengan cara merusak kunci setir atau merampas dan menggunakan kunci palsu atau kunci leter T,” jelasnya.

Dari hasil ungkap ini, Kapolrestabes mengingatkan kepada masyarakat yang mengalami kejahatan jalanan di Kota Surabaya agar segera menghubungi operator Polrestabes Surabaya melalui aplikasi berbasis android “Jogo Suroboyo.”

Caranya, cukup dengan menekan tombol panik yang tersedia di aplikasi itu, maka operator center Polrestabes Surabaya akan segera bisa menghubungi petugas yang berada di lokasi terdekat untuk memburu pelakunya.

“Upaya preventif yang kami lakukan cukup maksimal, petugas kami aktif karena Operator Center Jogo Suroboyo selalu siaga 24 jam setiap hari,” tandas alumnus Akpol 1995 tersebut. (Fir/Ari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *