Giat Outing Class SDN Pradah Kali Kendal 1 di Hutan Mangrove Pamurbaya

Surabaya, JA-Pos News –Pembelajaran outing class adalah suatu pembelajaran yang dilakukan peserta didik di luar ruangan atau kelas, yang bertujuan membekali keterampilan peserta didik dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh murid- murid.

SDN Pradah Kalikendal 1 Kelurahan Pradah Kecamatan Dukuh Pakis melakukan outing class dengan mengunjungi hutan Mangrove di Wonorejo, yang tepatnya terketak di Pantai Timur Kota Surabaya (PAMURBAYA) Outing class yang melibatkan para guru beserta murid, yang juga merupakan pembelajaran semester ganjil, Kamis (14/11).

Sunaryo S.Pd selaku Kepala SDN Pradah Kalikendal 1 memaparkan, dengan adanya kegiatan outing class ini mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan di luar dengan menanam, merawat tanaman mangrove.

Tak hanya itu, di halaman sekolah juga mempelajari benda-benda yang ada di sekitar sekolah, dengan bercerita di taman sekolah.

Kegiatan ini mengajak anak didik jalan-jalan dan memberi tugas pada peserta didik untuk mengamati apa yang dilihatnya.

Unsur yang ditawarkan dalam media outing class adalah belajar sambil peduli lingkungan dengan cara yang sangat menyenangkan. Belajar kali ini melalui proses mengalami sendiri dan berinteraksi diluar Sekolah sembari bermain dengan teman-temannya yang dilakukan di alam terbuka, tentu menjadi pengalaman yang penuh makna dan sulit untuk dilupakan, papar Sunaryo.

Dra. Indra Winarti M.Si selaku guru pembimbing menghimbau, dengan adanya giat Outing class. Metode pengajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan sangat dibutuhkan dalam era saat ini. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa, guru dan lingkungan sekitar adalah metode outing class. Para murid dikenalkan dengan sekian jenis pohon Mangrove, beliau memperkenalkan jenis Mangrove yang fungsinya tidak saja menahan abrasi tapi juga mengurangi polutan yang mencemari air laut. Beliau memberikan contoh daun Mangrove yang terasa asin karena daya serapnya terhadap polutan.

Lanjut Dra. Indra winarti M.Si, selain akar Mangrove, pohon api-api juga berfungsi menahan perusakan kawasan pantai, sayangnya pohon ini mudah mati bila tertutup benda plastik. Ketika air laut pasang banyak sekali membawa sampah, tapi sehingga ketika surut sampah akan tersangkut pada akar Mangrove dan pohon api-api. Selain mengenalkan pada jenis tumbuhan yang ada, juga beberapa jenis burung yang hidup di sana, diantaranya ada belibis, bangau, kuntul dan jenis lainnya.

Harapan Kepala SDN Pradah Kalikendal 1 (Sunaryo S.Pd.) bersama guru pembina lingkungan Dian Sofamarita S.Pd, dengan adanya metode outing class ini, memotivasi peserta didik melakukan persiapan pembelajaran yang lebih aktif dibandingkan persiapan metode pembelajaran konvensional. Pembelajaran outing class akan menambah pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap alam sekitar, juga mengurangi kejenuhan dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah dan menambah kepedulian tentang alam sekitar, meningkatkan kemampuan dalam bercerita, merangsang kreativitas, menambah pengetahuan guru dalam merencanakan strategi pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar. sehingga Proses pembelajaran akan lebih berjalan secara aktif, interaktif dan lebih menyenangkan. (Arik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *