Kapolres Gresik Lakukan Simulasi Penanganan Covid-19

Gresik, JA-Pos News –Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo memimpin simulasi penanganan pasien covid-19 di ruang publik. Simulasi itu digelar di 3 lokasi yakni di Terminal Bunder, Desa Tambak Beras, dan Balai Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Jumat (3/4/2020).

Dalam simulasi itu terdapat sebuah Bus yang membawa 8 penumpang di mana di dalamnya terdapat 1 orang yang diduga mengalami gejala seperti Covid-19. Selanjutnya, sesuai protokol, Dinas Kesehatan Gresik dan Puskesmas Cerme melakukan observasi medis kepada penumpang tersebut dan dilakukan tindakan medis dengan membawa ke RS. Ibnu Sina untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Simulasi serupa digelar di pintu masuk Desa Tambak Beras Kecamatan Cerme yang kedapatan adanya warga mudik memasuki lokasi desa menggunakan bus. Selanjutnya oleh Lurah setempat dilakukan sosialisasi kepada para penumpang agar dilakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pemeriksaan kepada seluruh penumpang yang ada di dalam bus dengan cara turun satu per satu dengan mejaga jarak.

Hal serupa juga tampak dilakukan di Balai Desa Banjarsari di mana dilakukan pemeriksaan kepada warga mudik dengan dilakukan langkah-langkah penanganan sesuai protokol kesehatan bersama tenaga medis dari Puskesmas Cerme yang dilengkapi dengan APD (Alat Pengaman Diri) guna mengantisipasi adanya Covid-19.

“Simulasi ini kita gelar sebagai langkah kesiapsiagaan dalam penanganan wabah covid-19,” kata Kusworo.

Kapolres berharap, dengan adanya simulasi ini seluruh pihak yang terlibat dalam Satgas penanganan covid-19 bisa kian tanggap. (Fir/Hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *