Menuju Tatanan New Normal, Forkompincam Cerme Gelar Razia Masker Untuk Pengendara

Gresik, JA-Pos News – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Cerma menggelar razia masker. Petugas gabungan yang melakukan razia terdiri dari TNI, Polri, dan anggota Satpol PP Kecamatan. Mereka gencar menggelar razia masker untuk menyambut new normal.

Belum sampai satu jam, ada puluhan pengendara motor yang terjaring. Terlihat para pengendara motor dan mobil yang melintas didepan Polsek Cerme yang tidak memakai masker diperhentikan atau diadakan razia penggunaan masker, Kamis (25/6/2020).

Kegiatan dilakukan sebagai bentuk keprihatinan karena kesadaran masyarakat sangat kurang terutama penggunaan masker saat berpergian atau keluar rumah sebagai pemutus penyebaran Covid-19.

Didalam razia tersebut petugas mendapatkan pengendara motor maupun mobil yang tidak memakai masker sebanyak 21 pengendara.

Tampak dari pantauan jurnalis, para pengendara yang melanggar tersebut dimintai KTP untuk didata dan membuat pernyataan tidak akan melanggar lagi, serta mengikuti anjuran pemerintah protokol physical distancing, kemudian 21 pelanggar tersebut diberi sangsi kerja sosial berupa membersikan sarana fasilitas umum yaitu makam umum.

Camat Cerme, Suyono saat diwawancarai awak media mengatakan, untuk Kecamatan Cerme menduduki urutan 7 sebanyak 28 orang positif Covid-19 yang berada di 13 Desa, maka kita harus antisipasi terus.

Suyono menambahkan, untuk mentaati Perbub nomer 22 tahun 2020 tentang pedoman masa transisi menuju tatanan normal baru pada kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19), pasal 8 ayat (1) setiap orang yang tidak melaksanakan kewajiban menggunakan masker pada saat beraktifitasi kegiatan diluar rumah sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 ayat (3) huruf a dekenakan sangsi, yaitu kerja sosial berupa membersikan sarana fasilitas umum atau denda administratif sebesar Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah).

Ditempat yang sama Kapolsek Cerme, AKP Nur Amin juga menyampaikan, razia ini akan dilakukan terus supaya warga memahami betapa pentingnya mencegah penularan covid-19 dan sama-sama memutus mata rantai Covid- 19.

Kegiatan ini akan terus dilakukan berbeda-beda tempat di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik ini, dan saya menegaskan untuk saksi bagi pelanggar pengendara yang tidak memakai masker wajib melaksanakan kerja sosial atau kerja bakti membersikan sarana fasilitas umum bukan tempat pribadi seperti makam umum, sanitasi, got, atau tempat-tempat umum lainya, pungkasnya.

Sedangkan didik salah satu pengendara yang melanggar tidak memakai masker mengatakan dengan terkena razia ini dan diberi sangsi merasa malu dan sadar akan berbahayanya virus Corona saat ini, dan berjanji akan selalu memakai masker setiap beraktifitas atau berpergian. (Nurhadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *