Warga Dukuh Kali Kendal Mengemas Bersih Desa Sangat Sederhana

Surabaya, JA-Pos News,Ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa warga Dukuh kali Kendal kelurahan Pradah kecamatan Dukuh pakis, menggelar acara adat sedekah bumi, sebagai lambang wujud syukur yang telah memberikan rezeki melalui segala bentuk hasil bumi.Kegiatan bersih desa dilakukan dengan menggelar doa bersama dan Kenduri, juga diiringi arak arakan. minggu (30/8/2020)

Acara Sedekah bumi kali ini tidak biasa seperti dengan ditahun sebelumnya, sedekah bumi di tahun ini dikemas sangat sederhana dengan mengikuti aturan pemerintah pakai protokoler kesehatan.guna bebas dari wabah virus Covid-19.

Dalam sedekah bumi para warga per RT membawa suguhan tumpeng diatas tempeh berisi makanan, ayam panggang, dan buah-buahan yang nantinya akan dibagi-bagikan kepada seluruh warga.

Basuki Siswo Nugroho sebagai panitia mengatakan, “Biasanya di acara sedekah bumi ini ada kesenian tradisional yang berbentuk wayang. Dan itu juga merupakan upaya untuk melestarikan warisan budaya, akan tetapi dalam musim pandemi yang sekarang ditiadakan katanya.

Masih lanjut “Dan insya Alloh tahun depan kita akan kembali meriahkan kesenian wayang untuk melastarikan adat budaya di Dukuh kali kendal imbuhnya.

Melalui pantauan media ini Sehari sebelum acara di gelar untuk membagikan hasil bumi,Sabtu (29/8/) para warga mengadakan syukuran di sebuah punden. Punden sendiri adalah sebuah tempat yang diyakini sebagai leluhur bagi warga Dukuh kali kendal. Dalam ritual ini mereka melakukan kenduri doa bersama di pendopo depan punden.

Moch.Hanjaya Lebih akrab dikenal dengan Abah Yahya selaku ketua LKMK mengatakan, kegiatan sedekah bumi ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat selama ini. harapannya dengan bersih desa “semoga virus Corona segera berakhir dan bersih desa ditahun yang akan datang bisa lebih meriah lagi jelasnya.

Teguh imantoko selaku ketua RW 02 menerangkan mengajak masyarakat untuk lebih bisa bersyukur dengan apa yang sudah diberikan oleh Alloh atas limpahan nikmat dan keselamatan, Juga sebagai doa dan harapan untuk ketentraman seluruh warga serta untuk lebih mawas diri mencegah lebih baik dari pada mengobati.”Dengan begitu agar masyarakat Dukuh kali Kendal bisa terbebas dari penyakit virus corona terangnya.

Abdul Wachid selaku ketua karang taruna juga memaparkan dengan ditengah musim pandemi ini dikemas secarasangat sederhana sekali “Acara ini juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti peraturan pemerintah dengan protokol kesehatan pakai masker, cuci tangan degan harapan smg virus Covid-19 cepat berlalu paparnya.(Ari/Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *