Team Relawan Kelurahan Pradah Kalikendal Ikut Mewujudkan Surabaya Menjadi Sehat

Surabaya,JA-Pos News,-Sering kali apa yang mereka lakukan tidak bisa dimengerti oleh orang kebanyakan, “kok ada orang yang mengorbankan waktu, tenaga bahkan materi dengan tulus tanpa mengharap imbalan ?”. Ada banyak alasan kenapa para sukarelawan menjadi sangat berani untuk melakukannya.

Menolong orang bukanlah hal yang mudah. Setidaknya harus memiliki sesuatu yang berlebih untuk bisa membantu orang yang membutuhkan. Entah itu waktu, tenaga, materi ataupun pemikiran. Selasa (10/11/2020)

Selain itu memiliki keberanian untuk melakukannya, siap berkorban dan menanggung resikonya sendiri. Meski tidak mudah, namun tidak menyurutkan para sukarelawan melakukan aksi sukarela.

Meskipun terdiri dari dua kata yakni kata “suka” dan “rela”namun penulisannya disambung menjadi satu yakni “sukarela”. Sehingga orang yang melakukan kegiatan sukarelawanan haruslah memiliki keduanya yakni suka dan rela.

Menjadi sukarelawan memiliki pola pikir paradoks. Jikalau “manusia biasa” sibuk menyenangkan hatinya ketika dirundung duka, mereka yang dikaruniai sifat altruistik malahan sibuk mencari cara untuk menolong orang lain sebagai solusi mengobati dukanya.

Alih-alih menolong orang lain mereka sebenarnya menolong dirinya sendiri. Sukarelawan justru mendapatkan rasa bahagia ketika membantu orang. Bukan perasaan lelah dan kesal.

Sesuatu hal yang dirasakan setelah melakukan kegiatan sukarelawan adalah perasaan berharga. Berdasarkan teori kebutuhan Maslow, kebutuhan harga diri adalah bagian dari kebutuhan dasar manusia.

Mendapatkan kepercayaan dari orang lain, mendapatkan pujian dan apresiasi, atau bentuk penghargaan lainnya adalah penting untuk membangun rasa percaya diri sebagai manusia. Tentu hal ini berbeda dengan sikap sombong dan narsistik.

Dengan menolong orang lain, setidaknya kita bisa mengatakan pada diri sendiri bahwa kehadiran saya sebagai manusia dapat menjadi manfaat untuk orang lain. Yudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *