Apel Kesiapan Dalam Rangka Tanggap Bencana Kecamatan Dukuh Pakis

Surabaya,JA-Pos News,-Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, yang berarti serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana, terhadap masyarakat yang berada pada kawasan rawan bencana.

Kegiatan mitigasi bencana inilah yang harus banyak diketahui oleh masyarakat untuk mempersiapkan diri, atau setidaknya untuk mengurangi risiko buruk dari bencana alam yang terjadi. Apalagi Kita hidup di Indonesia, yang berada di titik rawan bencana. Sehingga kita harus mempersiapkan segala kemungkinan risiko bencana alam yang akan terjadi. Berbeda lagi dengan tanggap darurat bencana. Rabu (11/11/2020).

Upacara apel pagi ini dipimpin langsung oleh Iin Trisnoningsih, S.STP, M.Si selaku camat dukuh pakis, dijelaskan, bahwa tanggap darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana, untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan, yang meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana.

Kegiatan yang dilakukan pada tanggap darurat yaitu meliputi:

1. Pengkajian secara cepat dan tepat terhadap lokasi, kerusakan, kerugian, dan sumber daya;
2. Penentuan status keadaan darurat bencana;
3. Penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana;
4. Pemenuhan kebutuhan dasar;
5. Perlindungan terhadap kelompok rentan; dan
6. Pemulihan dengan segera prasarana dan sarana vital.

Sedangkan kegiatan mitigasi bencana dapat di lakukan;
1. Perencanaan dan pelaksanaan penataan ruang yang berdasarkan pada analisis risiko bencana;
2. Pengaturan pembangunan, pembangunan infrastruktur, dan tata bangunan; dan
3. Penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan, baik secara konvensional maupun modern.

Jadi dapat dipahami prinsip perbedaan dari mitigasi dan tanggap darurat, yaitu bahwa mitigasi adalah upaya pencegahan, sedangkan tanggap darurat merupakan upaya yang dilakukan setelah terjadinya bencana. Yudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *