Swab Untuk Kader Kesehatan Kelurahan Pradah Kalikendal.

Surabaya,- JA-Pos News,-Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), banyak pertanyaan tentang apa itu rapid test, swab, dan PCR serta apa perbedaannya. Ketiganya adalah istilah yang berkaitan dengan diagnosis Covid-19. Membekali diri dengan pengetahuan tentang ketiga hal tersebut penting di masa pandemi ini.

Siwi selaku petugas swab mengatakan, tenaga medis mungkin sudah tahu apa itu rapid test, swab, dan PCR. Tapi tidak demikian dengan masyarakat awam. Rapid test, swab, dan PCR adalah istilah dalam metode pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya Covid-19 dalam tubuh seseorang. Jumat (20/11/20)

Selain dengan tes usap, pengambilan sampel untuk tes PCR akan disesuaikan dengan jenis penyakit yang ingin didiagnosis. Beberapa jenis sampel yang bisa digunakan untuk tes PCR adalah sampel darah, urine, sputum, bahkan cairan serebrospinal (CSF). Petugas swab wiwin dan fitri menambakan.

Pagi ini swab di laksanakan di puskesmas kelurahan pradah kalikendal, swab di tujukan untuk kader kesehatan kelurahan pradah kalikendal. Dan yang ikut berpartisipasi swab ada 14 orang dari Rw 02 dan Rw 04. Dan swab ini yang menyelengarakan Dinas Kesehatan Kota ( DKK). Paparnya

Swab dan PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk menegakkan diagnosis Covid-19. Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan ( sampel ) . Swab dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings. Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti kapas lidi khusus.

Adapun PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction. PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Uji ini akan didapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2. Dari penjelasan tentang apa itu rapid test, dan PCR di atas, bisa diketahui perbedaannya seperti; Rapid test: sampel darah dengan tusuk jari atau darah dari vena. Swab-PCR: sampel dari rongga nasofaring dan atau orofarings. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *