Ketua DPD PJI-Demokrasi Jatim Audensi ke Bangkesbangpol

113 views

Surabaya, JA-Pos – News, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi Jawa Timur (DPD PJID-Jatim) didampingi Arik Kurniawan ketua bidang Organisasi dan Keanggotaan serta devisi hukum ,Moch Yahya S.H. melakukan Audensi tindak lanjut program kegiatan ke dinas Bangkesbangpol Provinsi Jawa Timur, di Jalan Putat Indah no 1 Surabaya, Kamis (14/10/2021).

Dalam Audensi tersebut, ditemui langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bangkesbangpol) Provinsi Jawa Timur, R. Heru Wahono Santoso, S.Sos,,.MM bersama jajaranya diruang kerjanya. Guna tindak lanjut sinergitas organisasi masyarakat (Orkemas) dengan pemerintah.

Ahmad Anugerah selaku ketua DPD PJID-Jatim lebih akrab dipanggil Ahmad Garad mengawali pembicaraan, menyampaikan terkait peran Bakesbangpol dalam melakukan pembinaan organisasi kemasyarakatan.

“Bentuk kerjasama dengan Orkemas ini bagaimana dan seperti apa?, karena kami sebagai organisasi yang terdaftar di Bakesbangpol, kok seperti anak hilang yang tidak punya orang tua.” ujarnya.

Masih Achmad Garad, “yang kedua, perlu kami sampaikan juga, bahwa dalam pelaksanaan program, sesuai dengan aturan undang undang dan perda, seharusnya ada bentuk support kepada kami dalam bentuk fasilitas kepada instansi terkait ketika perlu dilakukan kerja sama, jangan hanya kami didaftar saja tapi ketika kita ada kegiatan gak bisa bantu, ya kalau kayak gini kan percuma saja didaftarkan ke Bakesbangpol,” ungkapnya.

“Pernah kami ajukan permohonan bantuan untuk pelaksanaan kegiatan organisasi ke beberapa instansi, malah dikembalikan lagi bahwa itu domainnya Bakesbangpol, tapi di Bakesbangpol sendiri sifatnya hanya mencatat saja, terus gimana dong?,” Imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Heru Wahono selaku kepala Bangkesbangpol Jatim menyampaikan, bahwa dalam hal pendataan dan pendaftaran memang wewenang Bakesbangpol, “sesuai aturannya memang kami sebagai pendata dan menerima laporan keberadaan organisasi, baik yang berbadan hukum atau tidak, supaya orkemas terkesan tidak liar. Tapi kalau untuk perbantuan pelaksanaan kegiatan organisasi, diserahkan kepada OPD terkait sesuai dengan tupoksi dan bentuk kegiatannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Heru,”Kita berharap, semua orkemas bisa saling bersinergi dengan pemerintah melalui kami (Bakesbangpol), supaya bisa sama sama membangun negara, demi terciptanya suasana negara yang aman dan kondusif.” Pungkasnya.

Diakhir audensi, dalam pembicaraannya Achmad Garad menegaskan kembali bahwa perlu dilakukan pembenahan sistem dimana setelah orkemas mendaftarkan dan telah terdaftar, pihak Bakesbang bisa membuatkan surat tanda lapor secara resmi serta dikomunikasikan kepada seluruh instansi terkait.

(Fir/Ark)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *