Menuju Endemi, Bhabinkamtibmas Diberi Pembekalan

688 views

Gresik, JA-Pos – News, Direktur pembinaan masyarakat (Dirbinmas) Polda Jawa timur Kombes Pol Asep Irpan Rosadi, S.I.K., M.PA., beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Polres Gresik. Jumat (29/10/2021).

Kedatangan orang nomor delapan di Polda Jatim tersebut ke Polres Gresik untuk melaksanakan tatap muka dalam rangka evaluasi kinerja dan peningkatan kapasitas Bhabinkamtibmas guna mengawal masyarakat dari masa pandemi menuju endemi Covid-19.

Setibanya di Mapolres sekitar pukul 07.00 wib rombongan Pamatwil langsung menuju lapangan Mapolres untuk mengambil apel Bhabinkamtibmas jajaran.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa melaksanakan tugas saya dalam rangka Asistensi dan silaturahmi dengan rekan-rekan semua di polres Gresik,” ucap Kombespol Asep

“Dalam kesempatan ini atas nama pimpinan Bapak Kapolda Jatim kami mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi kepada rekan-rekan semua atas seluruh partisipasi, kinerjanya, keikhlasan, dedikasi dan sebagainya. Pesan beliau tetap jaga kesehatan tetap jadi pelopor dalam protokol kesehatan dan jadilah saksi sejarah kemenangan kita perang melawan pandemi,” tandasnya.

Wadir Binmas Polda Jatim, AKBP Kamal Bahtiar mengatakan apel Bhabinkamtibmas dilaksanakan dalam rangka evaluasi kinerja. Hal ini perlu dilakukan guna pengecekan lebih lanjut mengenai tugas dan tanggung jawab sarana dan prasarana dan laporan laporan sebagai anggota Bhabinkamtibmas.

“Bhabinkamtibmas merupakan Ujung tombak guna antisipasi segala ancaman apapun baik dibidang sosial, hukum operasional dan lain-lain. Anggota Bhabinkamtibmas harus mempunyai atittude, knowledge yang di perlukan oleh pimpinan. Kondisi pandemi masih belum selesai atau masih berlangsung, rekan rekan Bhabinkamtibmas masih menjadi kebanggaan atau ujung tombak pimpinan polri,” paparnya.

Bhabinkamtibmas sebagai anggota tracer membantu pemerintahan untuk mencari masyarakat yang terkonformasi positif atau yang kontak erat dengan konfirmasi positif covid 19. Bhabinkamtibmas terus mempererat kembali tiga pilar yang ada di masing masing desa.

“Koordinasi dan kerjasama yang baik, kekompakam itulah satu satunya kita bisa bersinergi mencegah penyebaran covid 19, siapa lagi yang diandalkan kalau tidak anggota Bhabinkamtibmas yang mampu mencegah penyebaran covid 19. Rekan rekan Bhabinkamtibmas jangan sampai ketinggalan teknologi,IT diperlukan dalam membantu kita saat melaksanakan tugas kita dilapangan. Adapun terobosan Pak Dir Binmas Polda Jatim sekarang adalah Aplikasi Binmas Online Sistem (BOS) versi 2 yang berisikan ttg Door to Door sistem, Laporan Informasi, Problem Solving serta laporan laporan tentang kepolisian lainnya,” tutupnya.

Bhabinkamtibmas adalah anggota yang bisa membantu dilapangan dalam meminimaliris penyebaran covid 19. Oleh karena itu Bhabinkamtibmas setiap hari harus mengisi atau mengauplod kegiatan di masyarakat melalui BOS

Bhabinkamtibmas di dukung dana. Merekalah yang berhak mendapat Dana Kegiatan Bhabinkamtibmas (DKB) dan sebelumnya diangkat dengan KEP Kapolda lewat usulan Kapolres KEP Kapolda tadi bersifat mutasi. Sehingga tidak ada Bhabinkamtibmas yang mendapat DKB namun masih merangkap tugas pada fungsi lainnya.

Kegiatan dilanjutkan tatap muka Dirbinmas dengan, Kanit binmas, Bhabinkamtibmas serta Kapolsek jajaran Memberikan asistensi dalam rangka mengawal masyarakat dari pandemi menuju endemi bertempat di Aula Sarja arya racana.

Dalam penjelasan yang disampaikan Kapolres Gresik kepada Dirbinmas bahwa Bhabinkamtibmas polres GresikĀ  banyak yang merangkap lebih dari satu desa karena kurangnya personil,tetapi berkat sinergitas tiga pilar dapat mengatasi semua masalah.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad nur azis menambahkan bahwa kabupaten Gresik turun dari level 2 menjadi level 1 dengan indikator capaian vaksinasi yang terus ditingkatkan terutama lansia.

Capaian vaksin di Kabupaten Gresik sudah mencapai 75,84%,sementara lansia di Gresik sekitar 44,06% dan terus kita tingkatkan tutur Kapolres AKBP Mochamad nur azis.

(Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *