Ulang Tahun Ke-3 Bumdesma Sidayu, Wabup Gresik Beri Ucapan Semoga Makin Moncer dan Makmur

205 views

Gresik, JA-Pos – News, Sidayu tidak boleh ketinggalan. Semangat inilah yang digelorakan dalam acara ulang tahun BUMDesma Kecamatan Sidayu yang ke-3, hari Kamis (28/10).

Hal ini seiring dengan gerak cepat pemerintah kabupaten Gresik yang dinahkodai oleh Gus Yani dan Bu Min dalam usaha pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Dengan support penuh dari Pemkab beserta semua jajaran dan Bea Cukai, sektor UMKM digadang-gadang untuk bisa dan berani ekspor dalam pemasaran hasil produksinya.

Kesempatan inilah yang tidak mau dilewatkan begitu saja oleh UMKM dan BUMDesma di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Gresik tidak terkecuali kecamatan Sidayu.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah atau yang biasa disapa Bu Min, yang hadir dalam acara ini mengucapkan selamat dan harapannya semoga BUMDesma Sidayu semakin moncer dan bisa memakmurkan masyarakat. Bu Min juga mengapresiasi inovasi-inovasi yang luar biasa dari masyarakat Sidayu, “Meskipun jumlah penduduknya yang sedikit, inovasi dari masyarakat Sidayu ini luar biasa. Termasuk BUMDesma yang pertama didirikan di Sidayu,” ujar Bu Min.

Dalam kesempatan ini, Bu Min juga menginformasikan peluang baru bagi BUMDesma lewat program kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gresik dengan Pertamina, dimana setiap desa lewat BUMDes bisa mendirikan pertashop. “Ini dikhususkan untuk BUMDes di tiap-tiap Desa, jadi perorangan tidak bisa,” kata Bu Min.

Lebih lanjut, Bu Min menjelaskan bahwa untuk pendirian Pertashop ini tidak memerlukan lahan yang luas dan nanti harganya sama dengan yang ada di SPBU, “Ini adalah tantangan sekaligus kesempatan bagi kita semua. Nanti dari BUMDesma silahkan dikoordinasi mana-mana desa yang mau mengikuti program ini, sekaligus akan mendapatkan pelatihan dari Pertamina,” ujarnya.

Selain itu, ada juga kerja sama dengan Indomarco dalam hal pemasaran produk. “Monggo ditawarkan disana, nanti akan diproses lebih lanjut oleh Indomarco dan apabila sudah sesuai maka nanti bisa masuk outlet-outlet Indomaret,” lanjutnya.

Dengan banyaknya support dari Pemerintah ini, Camat Sidayu Nuryadi dalam keterangannya mengungkapkan bahwa hal tersebut akan semakin menambah semangat masyarakat Sidayu dalam percepatan pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19.

“Semangat ini sudah dirasakan semenjak diadakannya Pasar Bandeng Bulan Ramadhan lalu, dimana semua kepala desa menyambut baik dan ingin mendaftar masuk kedalam acara Pasar Bandeng”, kata Nuryadi

Hal serupa juga dirasakan saat kecamatan lain berhasil mengekspor produk UMKM andalannya ke luar negeri. “Ketika Kecamatan Cerme berhasil ekspor sarung, Kecamatan Benjeng ekspor kacang hijau, kita di kecamatan Sidayu tidak mau kalah, maka akhirnya Mangga berhasil kita ekspor,” tutupnya.

(Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *