Wabup Gresik Buka Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka

81 views

Gresik, JA-Pos – News, Bertempat di Gedung Kwarcab Pramuka Gresik digelar kegiatan Pembukaan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) Pembina Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang gerakan Pramuka Gresik, kegiatan yang berlangsung mulai 26 Oktober sampai 31 Oktober 2021 ini, diikuti oleh 80 peserta dan berlangsung secara daring kemudian dilanjutkan luring mulai hari ini Jumat (29/10).

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Jawa Timur Indawan, Ketua Dharma Wanita Gresik, serta Wakil Ketua Kwartir Cabang Gresik.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Gresik mengucapkan selamat kepada para peserta Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD), ia berharap agar kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan penuh semangat serta nantinya akan menghasilkan kakak pembina pramuka yang baik dan mengerti tentang kebutuhan pramuka yang dibutuhkan pada saat ini.

”Saya sebagai Ketua Kwartir sangat berharap kita semua dapat bersama-sama menguatkan diri dan mempersatukan diri untuk menjadikan pramuka di Gresik semakin maju ,” ujarnya.

Dalam amanatnya Wabup mengungkapkan gerakan pramuka merupakan suatu pendidikan non formal, yang mana menjadi satu-satunya kegiatan ekstra kurikuler yang diwajibkan untuk diikuti oleh para siswa. Oleh karenanya, para siswa yang masuk dalam Pramuka diharapkan bisa dididik untuk menjadi generasi muda yang berkarakter dan berguna bagi nusa dan bangsa. “Dalam sejarah kita sudah belajar, anak-anak muda memiliki peran yang besar sebagai motivator bagi pemimpin-pemimpin di Indonesia,” ujar Wabup.

Lebih lanjut, Wabup juga mengajak peserta KMD yang sehari-harinya ada di sekolah, agar menjadi pembina pramuka yang dapat menjadikan anggota pramuka yang handal, disiplin, dan profesional.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu upaya kesinambungan organisasi gerakan pramuka guna memberdayakan diri melalui peningkatan segenap potensi sumber daya yang dimiliki para pembina, nantinya para peserta akan memiliki pengabdian dan tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara indonesia,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Wabup juga memberikan penghargaan tertinggi Pramuka Garuda. Penghargaan Pramuka Garuda merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada anggota muda yang telah mencapai syarat kecakapan garuda pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan. Penghargaan Pramuka Garuda ini diberikan kepada 11 pelajar Kabupaten Gresik. “Sebuah prestasi yang luar biasa bagi Kabupaten Gresik bisa nenghasilkan anak-anak yang luar biasa yang siap membela NKRI,” ucap Wabup.

(Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *