SNCI Bergerak Membuat Perubahan Wajah Indonesia

99 views

Gresik, JA-Pos – News, Komisioner Satgas Nawacita Indonesia bersama Ketua Komisi IV DPR RI pada hari Rabu 27 Oktober 2021 lalu, melaksanakan pertemuan di tempat pusat Sekolah Lapang Pertanian DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Cariu Bogor. Menyepakati rencana pembentukan Panitia Kerja (Panja) persampahan.

Komisioner (SNCI) Satgas Nawacita Indonesia Prof. HM. Ashraf Ph.D dan Ketua Komisi IV DPR RI, Ir. Mindo Sianipar, MM mengatakan dalam pertemuan kali ini mempererat silaturahmi guna membawa visi misi untuk meningkatkan kualitas pengelolahan sampah di Indonesia.

Dengan menghasilkan rencana strategis bagi dunia persampahan yang berlangsung di pusat Sekolah Lapang Pertanian DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Cariu Bogor. Diketahui bahwa saat ini di Indonesia masih menghadapi masalah pelik di bidang persampahan.

“Ketua Komisi IV DPR RI, Ir. Mindo Sianipar menyampaikan, dalam pertemuan ini terkait lingkungan, utamanya persampahan hingga hal – hal pertanian dan perternakan,” kata Ketua Komisi IV DPR RI di bidang lingkungan.

Selain itu, pria dengan sapaan akrabnya Prof. HM. Ashraf membeberkan dalam pertemuan ini guna mengangkat Mindo Sianipar sebagai anggota kehormatan Satgas Nawacita Indonesia (SNCI). Pengangkatan itu di berikan simbolis penyematan pin SNCI (Satgas Nawacita Indonesia) kepada pria asal Medan tersebut.

“Kami berharap dengan bergabungnya Pak Mindo di Satgas Nawacita Indonesia singkat SNCI ini makin bermanfaat dan berguna untuk Indonesia.” papar Ashraf selaku Komisioner SNCI, Minggu (31/10).

Sementara itu, dari ketua Komisi Penegakan Regulasi Persampahan Satgas Nawacita Indonesia, Asrul Hoesein yang turut hadir dalam pertemuan menjelaskan bahwa Mindo Sianipar sosok seorang yang memiliki kepedulian tinggi pada lingkungan dan koperasi.

“Lanjut, peningkatan kualitas dan pengelolahan sampah begitu penting dan segera membentuk Panja persampahan di DPR RI dan waktunya sudah di tentukan,” tandas Asrul Komisi Penegakan Regulasi Persampahan Satgas Nawacita Indonesia.

Menurut Asrul, Panja Persampahan itu akan membahas banyak hal yang berkaitan dengan persampahan. Mulai dari penegakan regulasi persampahan, situasi ekspor impor sampah, kebijakan kantong plastik berbayar, kelembagaan di bidang persampahan, sistem pengelolaan sampah hulu-hilir, cukai plastik, tanggung jawab produsen, dan semua isu mengenai persampahan akan diurai melalui Panja Persampahan itu.

“Pak Mindo ini adalah senior PDIP yang menjabat sebagai Ketua Bidang Koperasi dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat di DPP PDIP. Jadi beliau sangat setuju dengan PKPS (Primer Koperasi Pengelola Sampah) sebagai poros sirkular ekonomi pengelolaan sampah di Indonesia,” terang Asrul.

Disampaikan Asrul bahwa Panja Persampahan akan menjadi titik balik pengelolaan sampah di Indonesia. “Mudah-mudahan Panja Persampahan DPR RI nanti bisa menciptakan solusi persampahan di Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu Kabupaten Gresik dibawah Kepemimpinan Umi Kulsum ( Sofi) mengadakan pertemuan dari berbagai penggerak dan komunitas yang ada di Gresik untuk membentuk Kepengurusan Pra PKPS di Wilayah Pemerintahan Kabupaten Gresik guna mendukung Kebijakan Pusat.

(Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *