Wabup Gresik Bu Min Keterlibatan 3 Pilar Guna Akselerasi Vaksinasi Bagi Lansia

358 views

Gresik, JA-Pos – News, Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (Bu Min) berharap akselerasi vaksinasi bagi lansia terus digencarkan. Hal ini bertujuan agar capaian vaksinasi di Kabupaten Gresik maksimal terutama bagi lansia. Selain itu, dengan vaksinasi ini diharapkan kekebalan tubuh masyarakat dapat meningkat sehingga menekan resiko penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gresik.

Hal ini diungkapkan Bu Min saat menggelar pertemuan dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik guna membahas perkembangan vaksinasi yang dilaksnaakan di Kabupaten Gresik. pertemuan itu berlangsung di ruang Mandala Bhakti Praja, Kantor Bupati Gresik, Senin (01/11/2021).

Dalam arahannya, Bu Min menginginkan agar Dinas Kesehatan terus memantau perkembangan vaksinasi. Sebab menurut laporan yang ia terima, persentase vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Gresik hingga hari ini sudah mencapai 76,54 %. Dan dosis dua sudah mencapai 53,33 %. Itu artinya bahwa Kabupaten Gresik telah memasuki level dua terhadap capaian vaksinasi.

“Kita sudah memasuki level dua untuk capaian vaksinasi. Jadi saya berharap agar akselerasi guna percapatan target vaksinasi harus terus digencarkan,” ujar Wabup Bu Min.

Sementara capaian vaksinasi untuk lansia, sudah memasuki angka 64,58% atau sekitar 70 ribu lansia di Gresik sudah menerima vaksin. Masih ada sekitar 30 ribu lansia yang belum menerima vaksin. Hal itu disebabkan karena sejumlah factor. Diantaranya adalah kmasyarakat dikalangaan lansia enggan divaksin. Ada pula karena factor kormobid atau penyakit penyerta, sehingga belum boleh menerima suntikan vaksin.

”Saya minta kepada Dinas Kesehatan untuk segera melakukan tracing dan pendataan bagi lansia yang siap menerima vaksin,” katanya.

Selain Dinas Kesehatan, keterlibatan 3 pilar diantaranya dari unsur Muspika dan petugas puskesmas juga dianggap penting untuk membantu Dinas Kesehatan dalam melakukan tracing. Dengan begitu, maka diharapkan akselerasi vaksinasi bagi lansia dapat terlaksana sebagaimana diharapkan.

(Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *