Bupati Gresik Pimpin Ziarah Auliya, Tandai Rangkaian HUT Pemkab Ke 48 dan Hari Jadi Kota Gresik Ke 535

428 views

Gresik, JA-Pos News – Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Gresik ke-48 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-535 Bupati bersama jajaran Forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Gresik, Pada Selasa (08/04/22) pagi laksanakan ziarah ke Makam Auliya, KRT Poesponegoro (Bupati Pertama Gresik) dan tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan.

Bupati dan rombongan dijadwalkan ziarah di 5 makam, yaitu Makam Sunan Giri, Makam Sunan Prapen, Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, Makam KRT Poesponegoro (Bupati Pertama Gresik) dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan.

Berangkat dari Pendopo Ziarah diawali dari Makam Sunan Giri atau dikenal dengan Raden Paku yang berlokasi di wilayah Desa Giri Kecamatan Kebomas, Kedatangan Bupati bersama rombongan disambut Forpimcam Kebomas dan KH. Mokhtar Djamil dan Yayasan Sunan Giri yang sudah menunggu kedatangan rombongan. Setelah Bupati bersama rombongan tiba di Makam Sunan Giri, langsung di gelar tahlil dan doa bersama.

Dicungkup Kanjeng Sunan Giri orang nomer satu di Pemkab Gresik bersama rombongan nampak khusyu’ mengikuti lantunan tahlil dan dzikir yang dipimpin KH. Mohtar Djamil, Setelah berdoa di Makam pendiri kerajaan Giri Kedaton Bupati Gus Yani dan Wabup Ning Min didampingi Yayasan Sunan Giri diberi kesempatan untuk memegang benda pusaka, keris Kalam Munyeng serta mencium sajadah peninggalan Kanjeng Sunan Giri.

Dikomplek makam Sunan Giri Bupati Gus Yani didampingi Wabup Ning Min beserta rombongan juga berziarah ke makam Sunan Prapen cucu dari Sunan Giri yang jaraknya sekitar 500 meter dari makam Sunan Giri.

Selanjutnya, Bupati Gus Yani didampingi Wabup Aminatun Habibah beserta rombongan bergeser menuju komplek makam Sunan Syech Maulana Malik Ibrahim yang lokasinya berada di kelurahan Gapurosukolilo Kecamatan Gresik.

Sebelum kembali, Rombongan Bupati Gus Yani juga berziarah menuju ke Makam Bupati pertama Gresik yakni KRT Poesponegoro yang jaraknya tidak jauh dari makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dilanjutkan tabur bunga di makam pahlawan.

Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri dan Sunan Prapen merupakan Auliya yang dikenal sebagai Wali Songo atau Wali Sembilan adalah pendakwah dan penyebar Syiar Islam di Gresik, Sedangkan KRT Poesponegoro adalah Bupati pertama Gresik yang menjabat pada tahun 1969 hingga tahun 1732 Masehi.

Menurut Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kabupaten Gresik Gunawan Purna Atmaja, kegiatan ziarah makam Wali dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan merupakan salah satu upaya untuk selalu ingat pada leluhur. Oleh karena itu, kegiatan ziarah ini dilakukan tiap tahun yakni saat peringatan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik.

“Kita jadikan moment peringatan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik ini untuk selalu ingat kepada para pendahulu kita. Yakni dengan melakukan ziarah seperti ini. Dan ini selalu kita lakukan setiap tahun,” ujar Gunawan. (Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *