Wisata Bendungan Canggu, Angkat Perekonomian Masyarakat Desa

722 views

Kediri, JA-POS News – Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam membangun dan mengelola potensi perekonomian sangat berpengaruh dalam mendongkrak kesejahteraan masyarakat didesa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.

Yang sudah terbukti adanya wisata desa Bendungan Canggu, yang berada Didesa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, dengan suasananya yang asri dan sejuk cocok banget buat keluarga untuk tempat berlibur.

Saptonoko Kepala Desa Canggu mengatakan, hal pertama yang dapat dilakukan masyarakat lokal adalah menggali seluruh potensi Desa.

Masyarakat dapat memanfaatkan musyawarah bersama BUMDes untuk menjadi motor penggerak perekonomian di akar rumput. “Peran serta pemerintah dalam mengawal pembangunan desa wisata berbasis BUMDes ini sangat di penting. Namun, butuh pelatihan dan arahan dalam menggali potensi dalam mengelola desanya,” katanya, jum’at (20/5/22).

Menurut Saptonoko, salah satunya bisa melalui pengelolaan desa wisata. BUMDes dapat menggairahkan dan membangkitkan kembali desa wisata ini. Karena tahun kemarin sempat tutup untuk wisata Bendungan Canggu ini dikarenakan adanya Covid 19, tetapi sekarang Alhamdulillah sudah bisa exsis kembali.

“Alhamdulillah sudah mulai jalan, biasanya orang-orang wisatanya memilih ketempat yang jauh untuk berwisata, namun sejak adanya wisata Bendungan Canggu wisata yang dekat dan relatif aman yaitu wisata desa. Ini terbukti wisata desa banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal.

Saptonoko melanjutkan, sejak berdirinya wisata Bendungan Canggu tahun 2020 dulu sudah banyak pengunjung dari kampung Inggris untuk berkemah disitu, namun karena pademi akhirnya ditutup dan sekarang Alhamdulillah sudah mulai buka kembali.

Dan dibendungan Canggu sendiri para wisata bisa memanjakan diri karena pihak desa dan pengolahan wisata Bendungan sudah menyiapkan seperti prahu karet serta macam-macam kuliner dan pengembangan ikan air tawar.

Saptonoko berharap, dengan adanya kegiatan wisata bendungan Canggu ini agar dapat meningkatkan perekonomian warga masyarakat Desa Canggu, dan meningkatkan progam UMKM yang ada Didesa supaya dapat dipasarkan di sana, semoga pemasukan BUMDES bisa bertambah, tutupnya.

Ditempat yang sama Supriyanto (Kasi PMD Kecamatan Badas) menambahkan dengan adanya Desa Wisata Didesa Canggu, “kami dari pemerintahan Kecamatan sangat mendukung dan selalu support karena dengan adanya wisata desa yang dikelola BUMDES paling tidak untuk jangkah panjangnya atau ketahun-tahun depannya sangatlah positif, karena apa nantinya desa Canggu bisa menjadi desa mandiri,” pungkasnya.(NH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *