JAKSA RAMAI DATANGI SDN 01 SRENGAT DAN SMPN 01 SRENGAT, ADA APAKAH?

249 views

Pada hari Senin tanggal 30 Mei 2022 sekira pukul 08.00 WIB, Tim Jaksa dari Kejari Blitar mendatangi SDN 01 Srengat dan SMPN 01 Srengat yang beralamat di Lingkungan Srengat II Kel. Srengat, Kec. Srengat Kabupaten Blitar.

Tim Jaksa yang dipimpin oleh Kasi Intelijen Kejari Blitar Windhu Sugiarto, SH.MH tersebut mendatangi SDN 01 Srengat dan SMPN 01 Srengat ternyata bukan melakukan Penyelidikan, akan tetapi sedang memberikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum kepada para Guru dan tenaga pendidik serta siswa siswinya.

Dalam kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tersebut turut hadir perwakilan dari Dinas Pendidikan Kab. Blitar, Kepala Sekolah, para guru, siswa-siswi SDN 01 Srengat kelas 3, 4 dan 5 berjumlah 68 orang serta siswa-siswi SMPN 01 Srengat kelas 7 dan 8 yang berjumlah 62 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Intelijen Kejari Blitar Windhu Sugiarto, SH.MH sebagai narasumber memaparkan tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Kejaksaan dan nilai-nilai dasar pendidikan anti korupsi di lingkungan sekolah. Materi disampaikan dengan style yang santai dan interaksional sehingga banyak interaksi antara narasumber dengan audien yang bertujuan agar acara tidak membosankan dan materi yang disampaikan dapat diserap secara optimal.

Ternyata Tim Jaksa tersebut tidak hanya lihai di depan persidangan saja, akan tetapi lihai juga dalam mengajar dan memberikan pengetahuan hukum bak seorang guru di depan murid-muridnya.

Di acara ini juga diadakan sesi tanya jawab untuk mengetahui seberapa banyak materi yang diserap oleh audien dan mengukur keberanian para siswa siswi dalam berbicara dan mengungkapkan pendapat di depan umum. Antusias yang tinggi diperlihatkan para siswa siswi dalam menjawab pertanyaan, banyak dari mereka yang mengangkat tangan untuk berebut menjawab pertanyaan dan juga untuk mendapatkan hadiah tumbler ekslusif dari Kejaksaan Negeri Blitar.

Respon positif dilontarkan oleh Bapak Sugito selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan Kab. Blitar yang mendampingi acara ini di SDN 01 SRENGAT, bahwasannya acara seperti ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan hukum kepada siswa siswi sejak dini. Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ini siswa lebih paham dan mengenali hukum serta menjauhi hukuman.

Hal senada juga dilontarkan oleh ibu Kusnawati selaku Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Blitar yang mendampingi acara ini di SMPN 01 Srengat, bahwa kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini sangat bermanfaat dan dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi mengenai hukum dan sanksi hukuman kepada siswa siswa dalam lingkungan sekolah, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran agar tidak melakukan pelanggaran hukum baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, sesuai dengan jargonnya *KENALI HUKUM. JAUHKAN HUKUMAN…*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *