Tradisi Bersih Desa di Payaman Masih Dilestarikan

217 views

Kediri, JA-POS News – Bersih Desa atau kata lain nyadran merupakan kegiatan adat yang diadakan sekali setiap tahun pada bulan Agustus. Bersih Desa sebagai upacara adat spriritual yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapat.

Tujuan lain dari adanya bersih Desa atau nyadran yaitu untuk menghormati adanya Danyang (penjaga desa). Bersih Desa telah dilakukan secara turun temurun, sehingga Desa Payaman Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri tetap menjaga tradisi dari para leluhur ini.

Lokasi yang dipilih untuk kegiatan Bersih Desa di Desa Payaman yaitu dipendopo balai Desa. Kegiatan Upacara adat ini dihadiri oleh kepala Desa beserta perangkat, panitia Desa, BPD, Babinsa, Babinkantibmas, RT, RW dan tokoh masyarakat.

Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat panen, semua warga Desa membawa ambeng dan jajanan tradisional. Ungkapan penghormatan dari adanya danyang, dalam bersih desa akan ada hiburan kesenian tradisional yaitu wayang kulit.

Sebagai negara yang majemuk, kita hendaklah menjaga kebhinekaan. Salah satunya menjaga adat istiadat yang telah diturun temurun dilaksanakan untuk penghormatan kita kepada para leluhur sebagai bentuk warisan budaya. (Pon/Sri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *