Tradisi Sedekah Bumi Sebagai Bentuk Rasa Syukur Warga Dusun Kasiyan

297 views

Gresik, JA-POS News – Arak-arakan gunungan hasil bumi berupa buah-buahan dan sayuran menyemarakkan tradisi sedekah bumi atau ruwatan Desa di Dusun Kasiyan Desa Lampah Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Gunungan hasil bumi itu diarak keliling kampung hingga berkumpul dibalai RW Dusun Kasiyan.

Dengan diiringi lantunan Sholawat dan nyanyian, warga tampak guyup rukun disepanjang jalan, mulai dari anak-anak hingga dewasa, warga menggelar Ruwatan dan Doa bersama dibalai RW.

Selanjutnya, warga berebut gunungan hasil Bumi yang dipercaya membawa keberkahan apabila dimasak dan dimakan. Ruwatan Bumi biasa digelar di bulan Maulud usai panen raya. Tujuannya warga memohon keberkahan agar lahan pertanian subur dan hasil tanaman melimpah ruah.

Tradisi sedekah bumi sudah dua tahun tidak digelar di Dusun Kasiyan dikarenakan adanya Covid 19.

Warga berharap kedepan panen melimpah sekaligus kehidupan bertambah sejahtera. Utamanya COVID bisa segera berakhir, sehingga kegiatan bisa kembali aktif sehingga perekonomian bisa kembali meningkat.

Diselah- selah kegiatan Kepala Desa Lampah (Suwandi) saat ditemui awak media mengatakan, sedekah bumi didusun kasiyan ini diikuti oleh 5 RT. Alhamdulillah warga antusiasnya luar biasa, dan telah diikuti seluruh warga dusun Kasiyan baik dari anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Alhamdulillah dengan persiapan 3 Minggu pada saat ini sedekah bumi didusun kasiyan berjalan lancar, terlihat hiasan tumpeng warga antusiasnya luar biasa dan hasil kreasi-kreasi pemuda yang membanggakan dan juga nanti malam dilanjut dengan gebyar ludruk Karya Baru.

Kepala Desa (Suwandi) menambahkan, dengan adanya sedekah bumi ini bertujuan untuk selametan dan rasa bersyukur untuk mengali menjadi shodaqoh atau niatnya shodaqoh dan shodaqoh itu kembali ke kita. Dan semoga warga diberi kesehatan, keselamatan, dijauhkan dari balak dan juga rezeki semakin melimpah.

Harapan kami mudah-mudahan ditahun depan hasil panen petani semakin melimpah ruah dan acara lebih meriah lagi, dan yang terpenting warga selalu jaga kekompakan, kerukunan, saling gotong royong sehingga menjadikan kesejahteraan warga dan tak lupa selalu shodaqoh, tutupnya.(NH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *