Penyuntikan Vaksin Unggas Di Wilayah Kawal Kalikendal
0 Komentar 66 pembaca

Penyuntikan Vaksin Unggas Di Wilayah Kawal Kalikendal

Daerah

Surabaya,JA-Pos News,-Vaksin merupakan salah satu cara paling awal dalam usaha pencegahan terhadap masuknya penyakit ke tubuh ayam (unggas). Diharapkan dengan dilakukannya vaksinasi dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh ayam (unggas) sehingga dapat mencegah ternak ayam broiler terinfeksi penyakit.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, terdapat beberapa jenis vaksin yang digunakan serta cara pengaplikasiannya pun berbeda. Berikut ditulis beberapa hal tentang vaksinasi mulai dari pengertian vaksin dan vaksinasi, penyimpanan vaksin yang benar, jenis-jenis vaksin, serta cara pengaplikasian vaksin. Senin (16/11/2020).

Pagi ini penyuntikan vaksin di laksanakan di warga rt 04 rw 02 kelurahan pradah kalikendal. Selama pelaksanan warga sangat senang dan antusias ikut berperan memegang ayam ( unggas) miliknya. Giat bersama Kasi Kesra Kel. Pradah Kalikendal pendampingan vaksin unggas dari DKPP Kota Surabaya dan mahasiswa UWK Surabaya. Membersihkan dan dicuci peralatan dengan air. Setelah itu semua peralatan dibersihkan dengan disenfektan.

Membersihkan semua kotoran dan barang yang tidak dipakai. Mencuci kandang dengan deterjen dengan perbandingan 1 kg deterjen dengan 1000 liter air. Melakukan sterilisasi dengan menggunakan disenfektan. Menaburkan kapur tohor kebagian dalam kandang, lantai dan sekeliling luarnya dengan dosis 0.2-0.5 kg/m2 .

Membiarkan kandang selama 2-3 hari hingga bagian kandang kering. Menabur sekam dengan ketebalan 10 cm. sebelum dpakai, sekam harus difumigasi menggunakan formalin dan kalium permanganate, dengan dosis 2 : 1 ( 40 ml formalin : 20 gram kalium permanganat).

Pakan, Air Minum dan Lingkungan: Pemberian pakan dan minum dalam takaran yang cukup kuantitas dan kualitasnya merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mempertahankan daya tahan tubuh ayam terhadap serangan penyakit. Selain itu, ayam juga membutuhkan kondisi lingkungan yang nyaman sehingga bisa mencegah stress.

Adapun kegiatan isolasi yaitu :Ayam sakit harus ditempatkan dalam kandang tersendiri atau kandang karantina yang jauh dari ayam sehat. Tidak memelihara ayam yang berbeda umur dalam satu kandang ternak. Para pengunjung atau tamu tidak diperbolehkan masuk ke dalam kandang. Jika ternak yang diisolasi sudah sehat dapat dicampur lagi ke dalam kandang ternak yang sehat.

Vaksinasi merupakan upaya memasukan bibit penyakit yang telah dilemahkan atau telah mati kedalam tubuh unggas yang sehat untuk memperoleh kekebalan penyakit tertentu. Yudi

Author

JA-Pos News
Profil JA-Pos News

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



M