UMG Sinergi Dengan BPN Gresik Guna Pemetaan dan Pendataan Bidang Tanah

403 views

Gresik, JA-Pos News – Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik untuk membantu pembenahan dalam data bidang tanah dan pemetaan melalui verifikasi hingga input data.

Kali ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik sejak tanggal 24 Januari hingga 28 Febuari 2022. Khusus tahap 6 dari kelompok 2 terdiri 24 Mahasiswa.

Dapat acunggan jempol buat mahasiswa UMG setelah melakukan 2 kegiatan, yang pertama KKN Prodi dan sekaligus dengan KKN BPN Gresik. Dimulai pada tanggal 24 Januari sampai 14 Febuari 2022. Dilanjut kegiatan PTSL/Pejuang K4 pada tanggal 14 sampai 28 Febuari 2022 dalam kegiatan program studi.

Mahasiswi Sedang Melakukan Giat Entry Data PTSL
Mahasiswi Sedang Melakukan Giat Entry Data PTSL

“Dari salah satunya Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) Muhammad Agil menyampaikan, kegiatan pertama adalah KKN BPN melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Adanya program ini dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan jaminan kapasitas hukum dan hak suatu tanah milik masyarakat'” tandas Muhammad Agil.

Kegiatan ini dilakukan pada 3 (tiga) titik kecamata yakni Menganti, Benjeng dan Balongpanggang, yang terbesar di 5 (lima) desa yaitu Domas, Sidojangkung, Karang Kidul, Kalipadang dan Sirnoboyo, Sabtu (05/03/2022).

“Masih lanjut Muhammad Agil mengatakan rangkaian kegiatan PTSL ini diawali mendata secara langsung ke masyarakat guna kesedian mengikuti program PTSL dengan membantu menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan,” papar Muhammad Agil.

Dokementasi Didepan Desa Sido Jangkung, Menganti, Gresik
Dokementasi Didepan Desa Sido Jangkung, Menganti, Gresik

Selanjutnya, mahasiswa memastikan data K4 dari BPN terpenuhi dan melakukan pengukuran luasan tanah dengan ukuran yang sesungguhnya, menentukan titik koordinat tanah masyarakat dan dari pihak BPN akan membuat peta luasan tanah sesuai hasil data koordinat dari mahasiswa.

Pada gelombang ke 6 (enam) tugas yang di kerjakan oleh para mahasiswa berbeda-beda di setiap desa. Sebagaian besar, desa telah banyak melakukan pendataan dan pengukuran bidang tanah, kebanyakan tugas yang di kerjakan oleh mahasiswa berkuatat di penginputan data-data di desa.

Dilanjut, dengan kegiatan KKN Prodi di desa Sidojangkung berlokasi di Kecamatan Menganti yang di ikuti oleh klompok 2 (dua) terdiri dari 6 (enam) program studi Manajemen yaitu Tekhnik Informasi, Tekhnik Industri, Kewirausahaan, Budidaya Perikanan dan Psikologi, telah di laksanakan pada tanggal 17 sampai 22 Februari 2022.

Para mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN menyelisiri ke tempat para siswa UPT SD Negeri 238 Gresik mulai dari kelas 4, 5 dan 6. Selain itu mahasiswa menyasar ke ibu-ibu yang tergabung dalam jam’iyah warga desa Sidojangkung.

Nampaknya, para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik masih tetap semangat menjalankan tugas setiap program pengabdian masyarakat sesuai dengan program studinya yang ditempuh.

“Muhammad Agil mewakili mahasiswa UMG menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja samanya dengan BPN Gresik dan PTSL atas antusiasnya terhadap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Besar harapan agar kegiatan seperti ini akan berlanjut supaya berguna peran membantu kinerjanya,” ucap Muhammad Agil.

“Sebagai salah satu syarat administrasi guna bisa melanjutkan pendidikan di tingkat Universitas serta sebagai salah satu bentuk ataupun bukti sebagai mahasiswa yang sadar akan tupoksi awalnya yaitu mengabdikan diri kepada masyarakat.” tutup Agil. (Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.