Ritual Sedekah Bumi, Bentuk Syukur Warga Desa Mojotengah

295 views

Gresik, JA-POS News – Warga Dusun Mojotengah Desa Mojotengah, Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik gelar sedekah bumi dengan mengarak hasil bumi dan pawai warga mengelilingi desa. Tradisi makin terasa karena juga digelar campursari dan juga wayang kulit.

Acara sedekah bumi ini diikuti oleh seluruh RT, RW, toko agama dan toko masyarakat Dusun Mojotengah.

Ritual adat ini menarik dan layak dilestarikan, disamping itu warga merasa bersyukur atas hasil bumi, serta kegiatan ini juga bisa menjadikan warga semakin guyup rukun saling gotong royong.

Kepala Desa Mojotengah (Suharsono) saat ditemui awak media diselah- selah acara ini, Minggu (25/9/22). Menuturkan, bahwa acara sedekah bumi ini digelar rutin setiap tahunnya. Tujuan sebagai bentuk rasa syukur warga kami atas hasil bumi dan kesehatan yang Allah berikan.

Suharso (Kepala Desa Mojotengah) menambahkan,  Sedekah bumi di Desa Mojotengah ini merupakan acara yang selalu dinantikan warga, karena sudah 2 tahun vakum dikarenakan adanya Covid 19.

Dan saya pribadi sebagai Kepala Desa Mojotengah sangat-sangat berterima kasih kepada warga saya karena sangat antusias untuk mengadakan acara sedekah bumi ini, saya sangat bangga atas kerja samanya warga, guyup rukun, gotong royong, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerta raharja.

Dan saya berharap ditahun-tahun depannya rezeki atau hasil bumi dari warga semakin melimpah ruah dan acara semakin ramai lagi.

Dengan adanya sedekah bumi ini warga bisa saling gotong – royong dan guyub rukun membangun Desa Mojotengah. Tradisi sedekah bumi dengan mengarak hasil bumi nantinya juga akan menjadi rebutan warga. Malam harinya digelar hiburan campursari serta wayang kulit, tutupnya.

Salah satu warga Desa Mojotengah saat ditemui mengatakan, saya sangat senang mas dengan di adakannya kembali sedekah bumi di tahun ini, karena selama 2 tahun kemarin sempat ditiadakan karena ada pandemi covid -19, disamping acaranya ramai kita juga bisa berkumpul dengan warga lainnya mas dan juga dapat menyaksikan hiburan-hiburan lainnya.

“Sedekah bumi warga Desa Mojotengah sebagai bentuk syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa atas limpahan hasil alam yang sangat melimpah. Warga juga berdoa untuk di jauhkan dari marah bahaya maupun segala penyakit,” pungkasnya. (Nh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *